Asal-Usul Blok Kehidupan: Meteorit Mungkin Sumber Nitrogen untuk Bumi Awal

Indonesains.id - Tim Kyoto-Hawai'i mengungkap hasil studi mereka dari sampel Ryugu. Mikrometeorit yang berasal dari benda langit es di bagian luar Tata Surya mungkin bertanggung jawab mengangkut nitrogen ke wilayah dekat Bumi pada masa-masa awal tata surya kita.

Penemuan ini dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Nature Astronomy oleh tim peneliti internasional, termasuk ilmuwan Universitas Hawai'i di Manoa, yang dipimpin oleh Universitas Kyoto.

Senyawa nitrogen, seperti garam amonium, banyak terdapat pada material yang berasal dari wilayah yang jauh dari matahari, namun bukti pengangkutannya ke wilayah orbit Bumi masih kurang dipahami.

Asal-Usul Blok Kehidupan: Meteorit Mungkin Sumber Nitrogen untuk Bumi Awal
Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa mikrometeorit benda langit yang sedingin es mungkin telah membawa nitrogen ke orbit Bumi pada masa-masa awal tata surya, sehingga berpotensi berkontribusi terhadap pembentukan kehidupan. (Kredit: SciTechDaily)

Senyawa Nitrogen Sebagai Bahan Penyusun Kehidupan

“Temuan terbaru kami menunjukkan kemungkinan bahwa jumlah senyawa nitrogen yang lebih besar dari yang diketahui sebelumnya diangkut dekat Bumi, berpotensi menjadi bahan penyusun kehidupan di planet kita,” kata Hope Ishii, rekan penulis studi dan staf pengajar afiliasi di Hawai'i. Institut Geofisika dan Planetologi di Sekolah Sains dan Teknologi Kelautan dan Bumi (SOEST) UH Manoa.

Analisis Asteroid Ryugu

Seperti semua asteroid, Ryugu adalah benda kecil berbatu yang mengorbit Matahari. Pesawat luar angkasa Hayabusa2 milik Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang menjelajahi Ryugu dan membawa material dari permukaannya kembali ke Bumi pada tahun 2020.