Dinosaurus yang Terlupakan ini, Ternyata Memiliki Kekuatan Sensorik Super

Indonesains.id - CT scan pada tengkorak dinosaurus herbivora yang kurang dikenal menunjukkan bahwa meskipun tidak terlalu “cerdas”, ia memiliki serangkaian karakteristik yang mirip dengan yang terlihat pada hewan masa kini yang hidup sebagian di bawah tanah, termasuk indra penciuman yang super dan keseimbangan luar biasa.

Penelitian ini adalah yang pertama menghubungkan sidik jari sensorik tertentu dengan perilaku dinosaurus yang telah punah.

Dinosaurus yang dimaksud, Willo, adalah spesimen yang disimpan di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Carolina Utara.

Willo adalah Thescelosaurus neglectus – herbivora kecil (panjang 3,6 meter) namun beratnya mencapai 340 kilogram yang hidup di tempat yang sekarang menjadi Amerika Utara tepat sebelum peristiwa kepunahan massal di akhir Kapur, 66 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus yang Terlupakan ini, Ternyata Memiliki Kekuatan Sensorik Super
Keluarga Thescelosaurus muncul dari tempat aman untuk mencari makan di hutan Hell Creek Formation, 66 juta tahun yang lalu. (Kredit: Anthony Hutchings)

Nama ilmiah Willo secara kasar diterjemahkan menjadi “kadal yang menakjubkan dan terabaikan.” Namun David Button, mantan Sarjana Postdoctoral Brimley di North Carolina Museum of Natural Sciences dan North Carolina State University, memutuskan untuk melihat lebih dekat tengkorak dinosaurus yang “terabaikan” ini. Button saat ini menjadi peneliti di Universitas Bristol di Inggris.

Teknik Lanjutan dalam Paleontologi

Button menggunakan pemindai CT untuk merekonstruksi jaringan lunak di tengkorak Willo – seperti otak dan telinga bagian dalam – yang hilang akibat proses fosilisasi.

Membandingkan struktur sensorik ini dengan dinosaurus lain dan kerabat mereka yang masih hidup memungkinkan para peneliti menentukan ukuran relatif otak Willo, serta seperti apa indra penciuman, pendengaran, dan keseimbangannya.

“Ironisnya adalah ahli paleontologi umumnya menganggap hewan-hewan ini sangat membosankan,” kata Lindsay Zanno, profesor peneliti di NC State, kepala paleontologi di North Carolina Museum of Natural Sciences, dan salah satu penulis penelitian tersebut yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports. “Saat kami pertama kali melihat hasilnya, kami berpikir, ya, hewan ini biasa saja. Namun kemudian kami mengambil langkah mundur yang besar dan menyadari ada sesuatu yang unik dalam kombinasi kekuatan dan kelemahan sensorik Willo.”

Kekuatan dan Kelemahan Sensorik T. neglectus

Button dan Zanno menetapkan bahwa jangkauan pendengaran T. neglectus terbatas. Dinosaurus hanya dapat mendengar sekitar 15% dari frekuensi yang dapat dideteksi manusia, dan antara 4% hingga 7% dari frekuensi yang dapat didengar oleh anjing dan kucing. Secara khusus, T. neglectus tidak pandai mendengar suara bernada tinggi.

“Kami menemukan bahwa Thescelosaurus mendengar suara frekuensi rendah paling baik, dan rentang frekuensi yang dapat didengarnya tumpang tindih dengan T. rex,” kata Zanno. “Hal ini tidak berarti bahwa mereka beradaptasi untuk mendengarkan T. rex bersuara, namun tidak ada salahnya mereka mengetahui kapan predator besar sedang berkeliaran di area tersebut. Yang lebih menarik bagi kami adalah fakta bahwa kekurangan ini sering dikaitkan dengan hewan yang menghabiskan waktu di bawah tanah.”

Thescelosaurus menyeimbangkan pendengarannya yang buruk dengan indera penciuman yang sangat baik.

“Kami menemukan bahwa olfactory bulbs – bagian otak yang memproses penciuman – berkembang sangat baik di Thescelosaurus,” kata Button. “Mereka relatif lebih besar dibandingkan dinosaurus lain yang kita ketahui sejauh ini, dan mirip dengan aligator hidup, yang dapat mencium setetes darah dari jarak berkilo-kilometer jauhnya. Thescelosaurus mungkin menggunakan indera penciumannya yang sama kuatnya untuk menemukan makanan nabati yang terkubur seperti akar dan umbi-umbian. Ia juga memiliki rasa keseimbangan yang berkembang sangat baik, membantunya menentukan posisi tubuhnya dalam ruang 3D, ciri lain yang sering ditemukan pada hewan yang menggali.”

1. Beberapa hari lepas saya terbaca di X. katanya, anak-anak yang menyukai dinasour ktika kecil, mereka berpotensi memiliki kecerdasan minda apabila dewasa kelak

Balasan
    1. Wah, saya belum baca mbak... tp mungkin juga sih. Sebab, jika sedari anak-anak mereka mulai menyukai dinosaur otomatis mereka juga akan mempelajari sejarah. Dan mempelajari sejarah itu berarti akan mempelajari banyak ilmu.

Hapus