Seleksi Alam yang Mengejutkan: Pelajaran Evolusi dari Kadal Liar Florida

Indonesains.id - Pengamatan kadal dalam jangka panjang menantang pemahaman konvensional tentang seleksi alam, yang menunjukkan bahwa spesies dapat tetap konsisten dalam penampilan sambil tetap menjalani evolusi.

Banyak spesies hanya mengalami sedikit atau bahkan tidak mengalami perubahan sama sekali dalam jangka waktu yang lama. Para ahli biologi sering kali menggunakan penjelasan yang sama tentang mengapa hal ini benar: bahwa seleksi alam lebih menyukai individu dengan karakteristik yang lebih moderat. Individu dengan ciri-ciri yang lebih ekstrim – anggota tubuh yang lebih panjang, misalnya – memiliki kelemahan, sedangkan individu yang lebih moderat atau rata-rata lebih mungkin untuk bertahan hidup dan bereproduksi, dengan meneruskan ciri-ciri umum mereka.

Namun, penelitian baru dari Universitas Washington di St. Louis dan Institut Teknologi Georgia memberikan penjelasan yang lebih lengkap tentang bagaimana evolusi terjadi di antara spesies yang hidup berdampingan.

Seleksi Alam yang Mengejutkan: Pelajaran Evolusi dari Kadal Liar Florida
Penelitian baru memberikan wawasan segar tentang stasis evolusi dengan mempelajari pola kelangsungan hidup kadal di habitat aslinya. (Kredit: Washington University in St. Louis)

Dengan mengukur secara langsung kelangsungan hidup jangka panjang kadal di alam liar, para ilmuwan menunjukkan bahwa spesies yang hidup berdampingan masing-masing menempati “puncak kebugaran” berbeda yang paling baik dipahami sebagai bagian dari “permukaan kebugaran” atau lanskap komunitas.

Penelitian yang dipimpin oleh James Stroud di Georgia Tech dan diterbitkan minggu ini di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, menawarkan cara berpikir baru tentang bagaimana spesies berhubungan satu sama lain dari waktu ke waktu dan bagaimana perbedaan di antara mereka memperkuat perbedaan mereka.

Jonathan Losos, Profesor Universitas Terhormat William H. Danforth dan profesor biologi di bidang Seni & Sains di Universitas Washington, mengatakan: “Jika spesies beradaptasi dengan lingkungannya, dan lingkungan tidak berubah, maka Anda tidak akan mengharapkan perubahan. spesies untuk berubah. Namun, ketika para ilmuwan telah keluar dan mempelajari seleksi alam, mereka jarang menemukan bukti adanya seleksi yang menstabilkan tersebut.”

“Mengingat keterputusan ini, kami mulai mempelajari seleksi alam pada organisme yang sangat kita kenal, kadal Anolis, untuk mengukur seleksi selama beberapa tahun dan mencoba memahami apa yang terjadi,” kata Losos.

Stroud, yang saat itu bekerja sebagai peneliti pascadoktoral di laboratorium Losos di WashU, mengidentifikasi tempat di mana empat spesies anolis berbeda hidup bersama di sebuah pulau kecil di sebuah danau di Fairchild Tropical Botanical Garden dekat Miami.

Dia menangkap ribuan kadal di pulau itu, menandai mereka, dan mengukur proporsi tubuh mereka. Stroud kemudian menangkap kembali semua kadal di pulau itu setiap enam bulan selama 2 ½ tahun, suatu periode waktu yang mewakili dua hingga tiga generasi kadal.

Seleksi Alam yang Mengejutkan: Pelajaran Evolusi dari Kadal Liar Florida
James Stroud menggunakan laso kecil yang diikatkan pada alat pancing untuk menangkap kadal. (Kredit: Day’s Edge Prods)

Kadal baru yang muncul tentunya adalah bayi pulau. Jika seekor kadal menghilang dari daftar sensusnya, Stroud dapat berasumsi bahwa kadal tersebut telah mati, karena danau di sekitarnya, yang dipenuhi ikan predator, tidak membiarkan mereka pergi. Dengan menentukan kadal mana yang bertahan hidup dari satu tahun ke tahun berikutnya, para peneliti dapat mengevaluasi apakah kelangsungan hidup tersebut berkaitan dengan ciri-ciri tubuh yang telah mereka ukur, seperti panjang kaki.

“Yang istimewa dari penelitian ini adalah kami secara bersamaan mengukur seleksi alam pada empat spesies yang hidup berdampingan, sesuatu yang jarang dilakukan,” kata Losos, yang juga menjabat sebagai direktur Living Earth Collaborative. “Secara kebetulan, saat makalah kami diterbitkan, kelompok lain menerbitkan penelitian serupa tentang burung kutilang Darwin yang terkenal di Kepulauan Galapagos.”

Pada kadal Florida, Losos dan Stroud menemukan bahwa bentuk seleksi alam yang menstabilkan – yang mempertahankan ciri-ciri rata-rata suatu spesies – sangatlah jarang. Faktanya, seleksi alam sangat bervariasi sepanjang waktu. Pada tahun-tahun tertentu, kadal dengan kaki yang lebih panjang dapat bertahan hidup lebih baik, dan pada tahun-tahun lainnya, kadal dengan kaki yang lebih pendek memiliki nasib yang lebih baik. Di lain waktu, tidak ada pola yang jelas sama sekali.

“Hasil yang paling menarik adalah seleksi alam sangat bervariasi sepanjang waktu,” kata Stroud. “Kita sering melihat bahwa seleksi akan berubah arah dari satu tahun ke tahun berikutnya. Namun, ketika digabungkan menjadi pola jangka panjang, semua variasi ini secara efektif hilang: spesies tetap sangat mirip sepanjang periode waktu.”

Para ilmuwan belum sepenuhnya memahami cara kerja evolusi di tingkat komunitas. Hanya ada sedikit penelitian jangka panjang seperti ini karena banyaknya pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan.

“Evolusi bisa dan memang terjadi – ini adalah proses yang berkelanjutan, namun tidak berarti segala sesuatunya terus berubah dalam jangka panjang,” kata Stroud. “Sekarang kita tahu bahwa meskipun hewan tampak tetap sama, evolusi masih terjadi.”

1. Greetings from Russia! I live in Siberia and we don't have lizards. I've only seen them in pet stores.

2. Serius banget james Strout melakukan risetnya