Ternyata ‘Ikan Badut’ Menggunakan Matematika untuk Bertahan dan Berkembang

Indonesains.id - Nemo, ikan animasi kecil, adalah sebuah ikon, meringkuk bersama ayahnya di dalam anemon. Dan Pixar ingin Anda percaya bahwa kehidupan ikan anemon pada umumnya damai dan tenteram. Namun mitos tersebut memungkiri kenyataan.

Ikan anemon (juga dikenal sebagai ikan badut atau ikan giru) adalah makhluk kecil yang penuh semangat, dengan antusias mempertahankan rumah anemonnya dari penyusup. Meskipun kadang-kadang baik-baik saja untuk berbagi dengan ikan anemon dari spesies lain, tapi tidak pernah nyaman untuk hidup bersama dengan penyusup dari spesies mereka sendiri: mereka selalu menerima sambutan yang paling dingin.

Jadi bagaimana ikan anemon membedakan spesiesnya dengan ikan belang lainnya?

Menurut Kina Hayashi dari Institut Sains dan Teknologi Okinawa, Jepang, spesies ikan anemon yang hidup di lokasi yang sama cenderung memiliki pola garis-garis yang beragam – dari tiga garis putih vertikal hingga tidak ada sama sekali.

Ternyata Ikan Badut Menggunakan Matematika untuk Bertahan dan Berkembang
Penelitian mengungkapkan bahwa ikan badut pada umumnya dapat membedakan spesiesnya sendiri dan spesies lain dengan menghitung jumlah garis putih di sisi tubuhnya. (Kredit: SciTechDaily)

Mungkinkah ikan anemon bisa menghitung jumlah garis putih di tubuh ikan lain untuk membedakan kawan dan lawan? Kina Hayashi dan rekannya menerbitkan penemuan luar biasa yang dapat dihitung oleh ikan badut (Amphiprion ocellaris) dalam Journal of Experimental Biology.

Eksperimen dan Temuan

Untuk mengetahuinya, Hayashi, Noah Locke, dan Vincent Laudet memelihara sekumpulan Nemo muda, ikan badut biasa, dari telurnya, untuk memastikan bahwa ikan tersebut tidak pernah melihat spesies ikan anemon lain.

Saat anak-anaknya berusia ~6 bulan, Hayashi memfilmkan reaksi mereka terhadap spesies ikan anemon lainnya – termasuk ikan anemon Clarke (A. clarkii), ikan badut sigung oranye (A. sandaracinos) dan ikan badut punggung pelana (A. polymnus) – serta ikan penyusup di dalam spesiesnya sendiri, untuk mengetahui bagaimana respons mereka.