Penemuan Tak Terduga ‘Galaksi Mustahil’ Mendobrak Batasan Astronomi

Indonesains.id - PEARLSDG, sebuah galaksi katai terisolasi yang ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb, menentang teori standar evolusi galaksi dengan tidak membentuk bintang baru, yang menunjukkan perlunya merevisi pemahaman kita tentang galaksi.

Sebuah tim astronom, yang dipimpin oleh Asisten Ilmuwan Riset Arizona State University, Tim Carleton, telah menemukan galaksi kerdil yang muncul dalam pencitraan James Webb Space Telescope (JWST) yang bukan merupakan target pengamatan utama.

Galaksi-galaksi terikat oleh gravitasi dan terdiri dari bintang-bintang dan planet-planet, dengan awan debu dan gas yang luas serta materi gelap. Galaksi katai adalah galaksi yang paling melimpah di alam semesta, dan menurut definisinya berukuran kecil dengan luminositas rendah. Mereka memiliki kurang dari 100 juta bintang, sedangkan Bimasakti, misalnya, memiliki hampir 200 miliar bintang.

Penemuan Tak Terduga Galaksi Mustahil Mendobrak Batasan Astronomi
Penemuan tak terduga dari galaksi katai PEARLSDG, yang terisolasi dan diam, menantang pandangan lama tentang evolusi galaksi dan menyoroti kemampuan Teleskop Luar Angkasa James Webb dalam mengungkap fenomena kosmis. (Kredit: SciTechDaily.com)

Memahami Galaksi Katai

Pengamatan galaksi katai baru-baru ini terhadap kelimpahan “galaksi ultra-difusi” di luar jangkauan survei spektroskopi besar sebelumnya menunjukkan bahwa pemahaman kita tentang populasi galaksi katai mungkin tidak lengkap.

Dalam studi yang baru diterbitkan, Carleton dan timnya awalnya mengamati sekelompok galaksi sebagai bagian dari proyek JWST Prime Extragalactic Areas for Reionization and Lensing Science (PEARLS).